Ligue 1 adalah divisi tertinggi dalam kompetisi Liga Perancis. Walaupun belum sepopuler Liga Inggris, Italia, atau Spanyol, Ligue 1 mulai mendapatkan perhatian dari para penggemar sepakbola, terutama setelah masuknya investor-investor kaya yang mengambil alih kepemilikan beberapa klub. Paris Saint-Germain dan AS Monaco adalah dua contoh klub yang belakangan ini sangat populer karena mendapat banyak aliran dana untuk membeli pemain berkelas dunia.

 

Nah, jauh sebelum kedatangan para investor kaya tersebut, Ligue 1 juga sudah memiliki kompetisi yang seru untuk diikuti dan sejarah panjang yang menarik untuk diceritakan. Siapa sajakah pemain yang layak mendapat gelar sebagai yang terbaik sepanjang masa di Ligue 1? Simak saja artikel dari IlmuBola berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

  1. Fabien Barthez

Fabian Barthez adalah seorang penjaga gawang karismatik yang membawa timnas Perancis menjuarai Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. Di Ligue 1, Barthez juga mencatat rekor yang cukup menawan bersama AS Monaco dan Marseille. Ia memenangkan dua gelar juara Ligue 1 bersama Monaco dan satu trofi Piala Champions bersama Marseille. Penghargaan individualnya juga cukup bagus, di mana Barthez dua kali terpilih menjadi kiper terbaik Eropa di sepanjang karirnya.

  1. Alain Giresse

Alain Giresse adalah seorang gelandang tengah yang berperan besar membawa timnas Perancis menjuarai Euro 1984. Kala itu, Giresse adalah bagian dari “Kuartet Magic” yang terdiri dari Platini, Tigana, Luis Fernandez, dan Alain Giresse. Pemain ini bermain untuk Bordeaux selama 16 tahun dan mengakhiri karirnya sebagai pemain bola profesional bersama Marseille. Sepanjang karirnya, Giresse tiga kali terpilih menjadi “French Footballer of the Year.”

  1. George Weah

George Weah adalah seorang striker dari Liberia yang juga dikenal sebagai salah satu pemain PSG terbaik sepanjang masa. Hingga saat ini, ia menjadi satu-satunya pemain Ligue 1 yang memenangi penghargaan Ballon d’Or. Karirnya di Liga Perancis dilalui bersama tiga klub yang berbeda, AS Monaco, Paris Saint-Germain, dan Marseille. Periode karir terbaiknya di Ligue 1 dilalui dari tahun 1993 hingga 1995, di mana ia berhasil memenangi satu gelar juara liga dan dua trofi Coupe de France.

  1. Luis Fernández

Sama seperti Weah, Fernandez juga merupakan seorang pemain yang dianggap sebagai legenda klub Paris Saint-Germain. Selama lima belas tahun berkarir sebagai pemain profesional, Fernandez membela tiga klub yang berbeda, yaitu Paris Saint-Germain, RC Paris, dan Cannes. Ia membela tim nasional Perancis sebanyak 60 kali dan mencetak 6 gol. Setelah pensiun, Fernandez melatih PSG selama lima tahun dan memenangkan satu trofi Piala Winners dan satu gelar juara Piala Perancis.

  1. Josip Skoblar

Josip Skoblar adalah seorang striker asal Kroasia yang bermain untuk Marseille pada periode 1969-1975. Hingga saat ini, Skoblar memegang rekor sebagai pencetak gol Ligue 1 terbanyak dalam satu musim, dengan catatan 44 gol. Saat bermain bersama Marseille, Skoblar dua kali memenangi gelar Ligue 1 dan tiga kali menjadi top skorer kompetisi ini. Ia juga mencetak 11 gol dari total 32 penampilannya untuk tim nasional Yugoslavia.

  1. Sidney Govou

Sidney Govou adalah seorang gelandang sayap asal Perancis yang membawa Lyon memenangi Ligue 1 selama tujuh musim berturut-turut, dari tahun 2001 hingga 2008. Pemain ini dikenal sebagai seorang sayap yang cepat dan sering mencetak gol. Ia merupakan produk asli dari akademi Lyon dan memulai debutnya sebagai pemain inti di tahun 2000. Sepanjang karirnya bersama Lyon, Govou tampil sebanyak 292 kali dan mencetak 49 gol.

  1. Jean-Pierre Papin

Jean-Pierre Papin adalah seorang striker asal Perancis yang sangat tajam dan terkenal karena sering mencetak gol melalui tendangan voli. Selama bermain untuk Marseille dari tahun 1986 hingga 1992, Papin lima kali keluar menjadi top skorer Ligue 1. Ia juga memenangkan empat gelar juara Liga Perancis bersama Marseille. Kesuksesan Papin berlanjut bahkan ketika bermain di luar Perancis, di mana dua kali membawa AC Milan menjadi juara Serie A.

  1. Just Fontaine

Hingga saat ini, Just Fontaine masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sebuah turnamen Piala Dunia. Rekor tersebut diukirnya di Piala Dunia 1958 di Swedia, di mana Fontaine berhasil mencetak 13 gol. Di level klub, Fontaine juga menuai banyak prestasi, terutama saat bermain untuk Stade de Reims dan Nice. Ia tiga kali memenangkan Ligue 1 dan dua kali menjadi top skorer kompetisi tersebut. Catatan golnya di Ligue 1 juga cukup impresif, di mana ia mencetak 227 gol dari 248 penampilan.

  1. Hervé Revelli

Herve Revelli adalah legenda klub Saint-Etienne di mana ia berhasil membawa klub tersebut menjuarai Ligue 1 selama tujuh kali di periode 1970-an. Bermain sebagai seorang striker, Herve sangat produktif dalam mencetak gol, di mana ia mencetak 175 gol dalam 305 penampilannya bersama Saint-Etienne. Pemain ini juga memperkuat timnas Perancis sebanyak 30 kali dalam jangka waktu 1965-1975 dan berhasil menyumbangkan 15 gol.

  1. Jean Tigana

Jika Michel Platini adalah ujung tombak serangan Perancis, maka Jean Tigana adalah benteng kokoh lini tengah tim Les Bleus. Bersama Platini, pemain ini dianggap sebagai figur paling penting yang membawa timnas Perancis menjuarai Euro 1984. Di level klub, Tigana sukses membawa Bordeaux memenangkan tiga gelar Ligue 1 dan tiga trofi Piala Perancis. Pemain ini mengakhiri karirnya bersama Marseille di musim kompetisi 1990-1991.

  1. Abedi Pele

Abedi Pele adalah seorang pemain asal Ghana yang kehebatannya konon setara dengan legenda sepakbola, Pele. Pemain ini pertama kali bermain di Liga Perancis bersama Marseille di tahun 1987. Hanya bertahan selama satu musim, ia pun pindah ke Lille, hingga akhirnya dibeli kembali oleh Marseille di tahun 1990. Pada periode inilah Abedi Pele menunjukkan kelasnya sebagai seorang pemain bola. Dengan skill individunya yang tinggi, ia membawa Marseille menjuarai Ligue 1 tiga musim berturut-turut dan mempersembahkan satu trofi Liga Champions di tahun 1993.

  1. Mickael Landreau

Mickael Landreau adalah penjaga gawang asal Perancis yang hingga saat ini masih memegang rekor jumlah penampilan terbanyak di Ligue 1, dengan total 604 penampilan. Ia mengawali karirnya di tahun 1996 bersama Nantes, dan bertahan selama sepuluh tahun di klub tersebut sebelum pindah ke Paris Saint-Germain di tahun 2006. Ia sempat satu kali membawa Nantes menjuarai Ligue 1 di tahun 2001 dan kembali mengulang prestasi yang sama ketika bermain untuk Lille di tahun 2011.

  1. Juninho

Juninho Pernambucano adalah seorang playmaker asal Brazil yang sering dianggap sebagai eksekutor tendangan bebas terbaik sepanjang masa. Ia berperan sangat penting dalam membawa Lyon menjuarai tujuh gelar Ligue 1 selama tujuh tahun berturut-turut dalam periode 2001-2008. Selama delapan tahun membela Lyon, ia mencetak 75 gol dari 248 pertandingan. Walaupun bersinar di level klub, Juninho jarang menjadi pemain inti di timnas Brazil karena kalah bersaing dari Ronaldinho, Rivaldo, dan playmaker Brazil lainnya.

  1. Michel Platini

Nama besar Michel Platini sebagai legenda sepakbola Perancis tentu tak perlu lagi diragukan. Sebelum sukses berkarir bersama Juventus di Liga Italia, Platini juga sudah mengukir berbagai prestasi di Ligue 1. Ia bermain selama sepuluh tahun untuk Nancy dan Saint-Etienne dari tahun 1972 hingga 1982. Dalam periode tersebut, Platini mencetak 156 gol dalam 285 pertandingan. Ia juga memenangkan satu gelar Ligue 1 untuk Saint-Etienne di tahun 1981.

  1. Delio Onnis

Mungkin tak banyak yang mengetahui bahwa Delio Onnis adalah top skorer sepanjang masa Ligue 1 dengan total 299 gol. Onnis adalah seorang striker asal Argentina dengan tinggi tubuh mencapai 2 meter dan bermain di Liga Perancis dari tahun 1971 hingga 1986. Ia menjadi top skorer Ligue 1 sebanyak empat kali dan membawa AS Monaco menjuarai kompetisi ini di tahun 1978. Satu hal yang sangat mengherankan, walaupun Onnis bermain sangat gemilang di level klub, ia sama sekali belum pernah dipanggil untuk memperkuat timnas Argentina.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *