Dalam 15 tahun terakhir, Olympique Lyonnais bisa disebut sebagai klub tersukses di Liga Perancis. Klub ini memenangkan gelar juara Ligue 1 tujuh musim berturut-turut, sebuah prestasi yang sulit disamai oleh klub manapun di dunia sepakbola. Tak hanya itu, Lyon juga membina banyak pemain menjadi seorang bintang, seperti Hugo Lloris, Michael Essien, Sidney Govou, Juninho Pernambucano, Karim Benzema, dan masih banyak lagi.

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan daftar 16 pesepakbola terbaik yang pernah bermain untuk Lyon. Tak hanya berasal dari generasi emas Lyon dalam dekade pertama tahun 2000-an, ada juga pemain yang berasal dari generasi terdahulu, seperti Fleury Di Nallo, Raymond Domonech, dan Serge Chiesa.

  1. Michael Essien

Michael Essien berkolaborasi dengan Juninho, Mahamadou Diarra, dan Edmilson dalam memperkuat lini tengah Lyon pada periode 2003-2005. Walaupun hanya dua tahun bermain untuk klub ini, Essien menunjukkan performa yang menawan dan berkesan. Ia membantu timnya memenangkan dua gelar Liga Perancis sekaligus dianugerahi penghargaan 2005 UNFP Ligue 1 Player of the Year. Karirnya yang cemerlang bersama Lyon membuatnya ditransfer oleh Chelsea dengan nilai 24,4 juta poundsterling.

  1. Lisandro López

Lisandro Lopez adalah striker andalan Lyon yang bermain dari tahun 2009 hingga 2013. Ia dibeli dari Porto untuk menggantikan Karim Benzema yang pindah ke Real Madrid. Lopez menunjukkan performa yang bagus sejak musim pertamanya bersama Lyon, dan selama tiga tahun karirnya di klub tersebut, ia memenangkan satu gelar Coupe de France. Sama seperti Michael Essien, Lopez juga memenangkan penghargaan UNFP Player of the Year di tahun 2010.

  1. Kim Källström

Kim Kallstrom adalah seorang playmaker yang dianggap sebagai salah satu pesepakbola Swedia terbaik sepanjang masa. Ia bergabung dengan Lyon di tahun 2006, dibeli dari Rennes. Selama enam tahun bermain untuk Lyon, Kallstrom memenangkan dua gelar Ligue 1 dan dua Coupe de France. Kallstrom dikenal sebagai seorang gelandang tengah yang sangat komplit. Ia memiliki passing akurat, kreatif, dan juga mampu bertahan dengan baik.

  1. Raymond Domenech

Raymon Domenech bergabung dengan Lyon dalam periode 1969-1977. Ia berposisi sebagai seorang bek sayap dan mempersembahkan satu trofi Coupe de France untuk klubnya pada tahun 1973. Selama delapan tahun bermain untuk Lyon, ia bermain dalam 255 pertandingan dan mencetak sepuluh gol. Sepanjang karirnya, ia juga delapan kali mewakili negaranya dalam pertandingan internasional. Setelah pensiun, Domenech sempat menjadi pelatih Lyon selama empat tahun, dari 1989 hingga 1993.

  1. Hugo Lloris

Hugo Lloris bergabung dengan Lyon di tahun 2008, menggantikan peran kiper legendaris Gregory Coupet. Ia tampil gemilang sejak musim perdananya, dan tiga kali terpilih sebagai Ligue 1 Goalkeeper of the Year selama bermain untuk Lyon. Di musim 2009-10, Lloris bahkan mencatat delapan clean sheets berturut-turut. Penampilan gemilangnya membuat ia dipinang oleh Tottenham Hotspur pada tahun 2012 dengan nilai transfer 10 juta poundsterling.

  1. Mahamadou Diarra

Diarra adalah penyeimbang lini tengah Lyon. Ia bergabung dengan klub ini dari tahun 2002 hingga 2006, memenangkan empat gelar Ligue 1. Kolaborasinya dengan Michael Essien dianggap sebagai salah satu kombinasi gelandang bertahan terbaik dalam sejarah Liga Perancis. Selama empat tahun bermain untuk Lyon, Diarra tampil dalam 123 pertandingan dan mencetak tujuh gol. Ia pindah ke Real Madrid pada tahun 2007 dengan nilai transfer 40 juta Euro.

  1. Sonny Anderson

Sonny Anderson adalah salah satu pemain pertama yang merintis generasi emas Lyon. Ia bermain untuk klub ini dalam periode 1999-2003, memenangkan dua gelar Ligue 1 dan dua kali menjadi top skorer kompetisi ini. Tak hanya memiliki skill dribbling yang bagus, Sonny Anderson juga dikenal sebagai seorang pencetak gol yang efisien. Selama empat tahun bermain untuk Olympique Lyonnais, Anderson mencetak 71 gol dalam 110 pertandingan liga.

  1. Anthony Réveillère

Selama sepuluh tahun bermain untuk Lyon dari 2003 hingga 2013, posisi Anthony Reveillere sebagai bek kanan nomor satu klub ini nyaris tidak tergantikan. Ia memiliki kontribusi besar dalam mempersembahkan lima gelar Ligue 1 dan dua trofi Coupe de France untuk klubnya. Sebagai seorang defender, Reveillere selalu menunjukkan performa yang solid dan stabil. Ia memiliki stamina tinggi dan cukup rajin maju ke depan untuk membantu penyerangan.

  1. Florent Malouda

Selain Franck Ribery, Florent Malouda adalah gelandang Perancis paling sukses dalam satu dekade terakhir. Ia melalui periode karir yang gemilang bersama Lyon dan Chelsea, memenangkan berbagai kompetisi domestik maupun internasional. Winger lincah asal Perancis ini bermain untuk Lyon dari tahun 2003 hingga 2007, memenangkan empat gelar Ligue 1. Selama berkarir di klub ini, Malouda mencetak 25 gol dalam 138 penampilan.

  1. Karim Benzema

Benzema adalah striker paling menonjol yang pernah bermain untuk Lyon dalam dua dekade terakhir. Ia merupakan pemain yang dilahirkan oleh Lyon Youth Academy, mengawali karirnya di tahun 2004. Periode terbaik dalam karirnya bersama klub ini terjadi di musim 2007-08, di mana ia membantu klubnya menjuarai Ligue 1 sekaligus menjadi top skorer kompetisi tersebut dengan 30 gol. Sepanjang karirnya, Benzema dikenal sebagai seorang striker dengan kemampuan dribbling, kontrol bola, dan finishing yang luar biasa.

  1. Bernard Lacombe

Bernard Lacombe merupakan seorang striker Perancis yang bergabung bersama Lyon dalam periode 1969-1978. Selama sembilan tahun bermain untuk klub tersebut, ia mencetak 153 gol dalam 274 penampilan. Tak hanya itu, Lacombe juga mempersembahkan satu trofi Piala Perancis di tahun 1973. Sama seperti Raymond Domenech, Lacombe juga sempat menjadi manajer Lyon setelah pensiun. Ia memegang jabatan tersebut selama empat tahun, dari 1996 hingga 2000.

  1. Fleury Di Nallo

Dengan catatan 222 gol, Fleury Di Nallo adalah top skorer Lyon sepanjang masa. Striker asal Perancis ini bermain untuk Lyon dalam periode 1960-1974. Musim pertamanya di klub ini berjalan dengan spektakuler, di mana Di Nallo berhasil mencetak tiga hattrick dan tiga quattrick dalam turnamen Piala Perancis. Oleh suporter klub ini, Di Nallo dijuluki sebagai “Pangeran Kecil dari Garland.” Sepanjang karirnya, Di Nallo mempersembahkan tiga trofi Piala Perancis untuk Lyon.

  1. Serge Chiesa

Serge Chiesa adalah pemain dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang masa untuk Lyon, total tampil dalam 541 pertandingan. Playmaker asal Perancis ini menghabiskan seluruh 14 tahun karirnya sebagai pesepakbola profesional bermain untuk Olympique Lyon. Ia dikenal karena kemampuan dribblingnya yang luar biasa, konon lebih hebat dari Michel Platini. Selama bermain untuk Lyon, Chiesa memenangkan satu trofi Coupe de France di tahun 1973.

  1. Grégory Coupet

Coupet bergabung dengan Lyon di tahun 1997, di transfer dari klub rival, Saint-Etienne. Selama 11 tahun bermain untuk klub ini, posisinya sebagai kiper nomor satu tim nyaris tidak tergantikan. Coupet berkontribusi besar dalam membantu Lyon memenangkan tujuh gelar Ligue 1 berturut-turut. Ia juga dua kali dianugerahi penghargaan Ligue 1 Keeper of the Year pada tahun 2004 dan 2005. Total, Coupet bermain untuk Lyon dalam 518 pertandingan Ligue 1.

  1. Sidney Govou

Dari segi loyalitas dan skill individu, Sidney Govou sangat layak disebut sebagai salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa yang pernah bermain untuk Lyon. Ia dibina secara langsung oleh Lyon Youth Academy dan mengawali debutnya untuk klub ini di tahun 2000. Selama 10 tahun bermain untuk Lyon, Govou mempersembahkan tujuh gelar Ligue 1.  Winger asal Perancis ini juga dikenal sebagai pemain yang memiliki stamina dan teknik luar biasa.

  1. Juninho Pernambucano

Juninho Pernambucano adalah seorang seniman di dunia sepakbola. Tak hanya dikenal sebagai seorang playmaker yang hebat, Juninho juga memperoleh reputasi sebagai eksekutor tendangan bebas terbaik dalam sejarah sepakbola. Akurasi tendangan bebasnya mencapai 97%, angka yang hingga kini belum bisa ditandingi oleh pemain mana pun. Selama delapan tahun bermain untuk Lyon dari 2001 hingga 2009, Juninho memenangkan tujuh gelar Ligue 1. Ia juga dianugerahi gelar UNFP Ligue 1 Player of the Year musim 2005-06.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *