Pada Sabtu, 21 Mei, Paris Saint-Germain memastikan gelar ke-30 dalam sejarahnya untuk menjadi klub pengumpul trofi terbanyak. PSG.FR akan memberikan kilas balik perjalanan klub ibu kota selama bertahun-tahun dalam meraih trofi-trofi tersebut.

1: Kejuaraan National (ex-Ligue 2) 1971
Paris sudah memastikan promosi ke divisi satu dengan mengakhiri kiprah sebagai juara grup. Tapi Parisian punya rasa haus tak terpuaskan akan trofi dan memaksa untuk meraih gelar, mengungguli Monaco dan Lille, yang juga memuncaki grup masing-masing.”

2: Piala Prancis 1982
Paris melaju ke final Piala Prancis dengan kemenangan atas Nîmes dan lewat adu penalti kontra Tours. Final melawan Saint-Etienne akan tetap tersangkut dalam ingatan berkat gol penyeimbang skor yang dicetak Dominique Rocheteau pada detik-detik akhir babak perpanjangan waktu. Belum lagi kemenangan berkat keberhasilan tendangan 12 pas dalam adu penalti yang dibuat Jean-Marc Pilorget.

3: Piala Prancis 1983
Paris mempertahankan gelar Piala Prancis lewat salah satu final paling mengesankan dalam sejarah kompetisi ini melawan juara liga FC Nantes. Didominasi oleh Les Canaris, dengan kehadiran pemain Brasil José Touré yang tengah on fire, Paris mampu menjemput hasil idaman. Safet Susic mencetak gol luar biasa dan kemudian memasok assist untuk gol telat Toko.

4: Liga Prancis 1986
Setelah musim buruk, Paris kembali ke dalam jalur kemenangan di bawah kendali pelatih Gerard Houllier. Kapten Luis Fernandez dan rekan-rekannya mendominasi liga dari awal hingga akhir, mencetak rekor baru 26 kemenangan beruntun tanpa kalah.

5: Piala Prancis 1993
Dua tahun setelah kedatangan pemilik baru Canal Plus, Paris mendapatkan trofi pertama dalam tujuh tahun. Dengan defense solid (enam clean sheet secara beruntun), kapten Paul Le Guen dan rekan-rekannya mengatasi Nantes di final.

6: Liga Prancis 1994
Pasukan Artur Jorge menjalani musim mengagumkan, mencetak rekor tak terkalahkan baru di liga dengan 27 pertandingan, menumbangkan rekor sebelumnya yang dibuat… Paris pada 1986. Skuat yang menampilkan antara lain Bernard Lama, George Weah, dan David Ginola, tak menyisakan peluang bagi satu-satunya rival mereka Marseille.

7: Piala Liga 1995
Paris memenangkan Piala Liga pertama di Parc des Princes mengatasi perlawanan SC Bastia. Itu menjadi trofi pertama dalam musim maraton dengan 61 pertandingan resmi – masih menjadi rekor baru klub.

8: Piala Prancis 1995
Gelar ganda pertama bagi Parisian, yang baru saja memenangkan Piala Liga. Setelah menaklukkan Marseille di semifinal, kapten Alain Roche dan pasukannya mendapatkan emas di final melawan Strasbourg berkat tendangan super kencang dari Paul Le Guen.

9: Piala Super Prancis 1995
Untuk edisi pertama Piala Super Prancis, Paris menaklukkan Nantes di Brest pada akhir laga yang bersahabat. Kedua tim bahkan setuju tak memainkan babak perpanjangan waktu dan langsung menuju penalti setelah 90 menit, dengan kemenangan berada di pihak Paris berkat kegagalan penalti… Claude Makelele.

10: Piala Winners 1996
Pada 8 Mei 1996, Paris menjadi klub kedua Prancis yang menggenggam gelar juara Eropa usak menaklukkan Rapid Vienna di Brussels. Tendangan jarak jauh bertenaga dari Bruno N’Gotty cukup menghadirkan kejayaan Eropa bagi tim asuhan Luis Fernandez.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *