Jorge Mendes merupakan agen sepakbola yang membawahi sejumlah pemain ternama seperti Cristiano Ronaldo, James Rodriguez hingga Angel Di Maria. Baru-baru ini, Jorge Mendes mengungkapkan bahwa pengusaha kaya menguasai kepemilikan klub-klub Eropa telah menyelamatkan olahraga sepakbola dari keterpurukan di tengah krisis ekonomi yang melanda.

“Saat ini, ada krisis yang sangat besar di dunia dan orang-orang ini telah menyelamatkan sepakbola,” kata Mendes seperti dikutip dari laman olahraga Spanyol, AS.

“Kami pantas mengucapkan terima kasih kepada Roman Abramovich (Chelsea), Sheikh Mansour (Manchester City), Nasser Al Khelaifi (PSG), Dmitry Rybolovlev (AS Monaco) dan Peter Lim yang kini memiliki Valencia,” ungkapnya

Untuk memberi gambaran mengenai kelima pengusaha yang disebut oleh Mendes sebagai penyelamat sepakbola, berikut kami sarikan profil singkatnya.

 

1. Roman Abramovich

Abramovich lahir pada 24 Oktober tahun 1966. Ia merupakan pengusaha asal Rusia yang memiliki perusahaan investasi Millhouse Capital. Selain dari investasi kekayaan juga berasal dari baja. Dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes 2014, Roman Abramovich berada pada urutan ke 142 dunia dan memiliki kekayaan 8,9 milyar US dollar.

Roman Abramovich selanjutnya membeli klub Chelsea pada tahun 2003. Pada Juli 2003, Abramovich membeli saham kepemilikan Ken Bates sebesar 29,5 persen dengan nilai 60 juta poundsterling. Tak lama kemudian, ia kembali membeli 120,000 lembar saham lainnya dengan mengeluarkan total dana 140 juta pounds. Saham-saham tersebut didapatnya dari pengembang Matthew Harding sebesar 21 persen, BSkyB 9,9 persen dan sisanya adalah pemilik saham dalam jumlah kecil. Total, sudah 90 persen saham Chelsea di tangannya di akhir Juli 2003.

Selain memiliki Chelsea, Abramovich juga dikabarkan memiliki saham di klub CSKA Moscow. Klub itu dibelinya karena dengan uang besar yang dia habiskan untuk Chelsea ia kerap dianggap tidak patriotik terhadap negaranya. Abramovich juga kerap membantu tim nasional Rusia termasuk ketika mendatangkan Guus Hiddink sebagai pelatih.

2. Sheikh Mansour

Sheikh Mansour memiliki nama lengkap Mansoor bin Zayed bin Sultan bin Zayed bin Khalifa Al Nahyan merupakan pengusaha asal Abu Dhabi yang memiliki kekayaan ditaksir tak kurang dari 4,9 milyar US Dollar. Sebelum tahun 2008, namanya tidak begitu barulah saat itu menyelamatkan klub Manchester City namanya tiba-tiba mencuat. Forbes mencatatnya sebagai Miliarder baru di kawasan teluk.

Menurut catatan The Gurdian yang terbit 2014 lalu, Sheikh Mansour telah menghabiskan dana tak kurang £1 milyar sejak mengakusisi Manchester City pada tahun 2008 lalu.

3. Nasser Al Khelaifi 

Nasser Al Kaelaifi merupakan pengusaha asal Qatar dan juga mantan pemain tenis profesional. Kiprahnya di dunia olahraga sangat banyak. Selain menjadi pemilik dari klub Paris SaintGermain ia juga menjadi direktur Bein Media Group. Serta Ketua Qatar Sports Investments, Presiden Federasi Tenis Qatar (QTF) dan wakil presiden Federasi Tenis Asia untukAsia Barat (ATF).  Melalui Qatar Sports Investments, Nasser mengakuisisi 70 persen saham PSG pada Oktober 2011 lalu.

4. Dmitry Rybolovlev

Menurut catatan Forbes, Dmitry Rybolovlev berada pada urutan 153 dari daftar milyuner dunia 2014 dengan jumalh kekayaan diperkiran mencapai 8,5 milyar US dollar.

Pengusaha Rusia ini mengakusisi 66% saham AS Manaco pada Oktober 2011. Pada tahun 2013, AS Manaco tercatat sebagai salah satu klub Eropa yang paling boros dengan menghabiskan 140 juta poundsterling.

5. Peter Lim

Peter Lim Eng Hock adalah pengusaha asal Singapura yang kini menjadi pemilik klub Valencia. Forbes mencatat kekayaannya berjumlah 2,5 milyar US Dollar dan menjadi orang kaya ke 763 dunia.

Lim mengambil alih kepelikan Valencia FC dengan membeli 70,4 % saham yang dimiliki oleh yayasan klub pada Mei 2014 lalu. Selain itu pada 22 September 2014, ia juga membeli 50% saham Salford City FC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *