Mantan bintang AS Monaco, John Collins, menyatakan pemain muda Kylian Mbappe memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi superstar sepakbola. Dia pun yakin dengan semua kemampuan yang dimilikinya, Mbappe bakal memetik sukses di masa depan.Striker berusia 18 tahun itu memang tengah melesat bak meteor. Berbekal 12 gol dalam 11 laga sebagai starter dan performa ciamik di Liga Champions, Mbappe, kemudian mendapat kepercayaan memperkuat Timnas Prancis di bawah pelatih Didider Deschamps.

Dengan usianya yang masih sangat belia, dia masih punya banyak waktu untuk berkembang. Collins, yang bermain bersama Thierry Henry saat di Monaco, sudah melihat Mbappe sebagai calon pemain berar di masa depan.

“Musim ini menurut saya semua orang bisa melihat dia memiliki kaki yang bagus, sangat berenergi, dan dia punya kemampuan. Dia juga membawa bola dengan baik dan bisa mencetak gol. Dia juga memiliki ketenangan di depan gawang lawan,” ujar Collins yang membela Monaco antara 1996-1998.

“Kadang Anda melihat pemain muda sudah berada di dekat dengan gawang, mereka lalu menembak bola. Namun mereka kadang terburu-buru sehingga menendangnya terlalu keras atau melenceng dari target,” ungkapnya.

“Namun dia (Mbappe) memiliki ketenangan yang dimiliki semua pemain top. Kunci dari sebuah permainan adalah tetap tenang dan menguasai diri. Dia memiliki itu,” kata Mbappe lagi.

“Dia tipe pemain bertipe ‘Sayalah orangnya, berikan bolanya’. Dia bermain tanpa rasa takut dan mungkin itulah kunci untuk menjadi pemain top,” ujar Collins.

Collins juga memuji akademi Monaco yang kerap menghasilkan pemain-pemain muda berbakat. Menurutnya, mengembangkan pemain muda adalah bagian dari DNA klub ini.

“Ini kisah yang hebat. Ini tempat yang populasinya hanya 30.000 orang. Ini kota kecil, tak punya banyak pendukung. Tapi apa yang mereka miliki? Mereka selalu berinvestasi pada pemain muda. Dan ini hal yang menonjol di klub ini,” kata Collins yang pernah membela Celtic, Everton, dan Timnas Skotlandia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *