Pengetahuan Dasar 

Parc des Princes dalam Bahasa Inggris berarti Taman Para Pangeran. Awalnya, sebelum stadion Parc des Princes berdiri, area itu adalah tempat rekreasi bagi raja dan ratu Perancis di abad 18. Kemudian, sekitar tahun 1897an tempat ini perlahan berubah menjadi arena balap sepeda Tour de France dan pertandingan rugby.

Sebelum stadion-stadion Perancis lain berdiri, arena tersebut jadi yang paling megah di negara itu. Baru pada tahun 1972 lah arena balap sepedanya dibongkar dan membuat Parc des Princes hanya  menjadi stadion sepakbola, rugby, dan konser-konser musik. Setahun kemudian, PSG yang baru lahir pindah ke stadion yang bersebelahan dengan stadion Jean Bouin ini.

Stadion yang berlokasi di Paris ini menjadi saksi beberapa turnamen elit Eropa dan dunia, seperti EURO 1984, semifinal UEFA Cup 1993, Piala Dunia 1938 dan 1998, serta tiga final Liga Champions antara Real Madrid melawan Stade de Reims (1956), Bayern Munich kontra Leeds United (1975), dan Liverpool berhadapan dengan Real Madrid (1981).

Arsitektur

Arsitektur Parc des Princes didesain oleh arsitek Perancis, Roger Taillibert, yang juga mengarsiteki pembangunan Olympic Stadium di Montreal, Kanada. Parc des Princes  sendiri banyak mendapat pujian karena menonjolnya desain avant-garde, termasuk adanya 50 pilar yang menyokong atap stadion yang berbentuk cincin. Kapasitas stadion ini adalah 48.527 kursi.

Banyak pengamat menilai desain Parc des Princes sudah mendahului eranya, sebab hanya perlu sedikit renovasi untuk memenuhi tuntutan kenyamanan penonton dan aturan keamanan UEFA. Awalnya, Parc des Princes menggunakan konsep ‘all seater’ yang berarti tidak ada kelas pembeda. Namun, seiring berjalannya waktu konsep ini berubah. Layaknya stadion elit Eropa, ada pembagian kelas sesuai harga tiket. Bahkan kini manajemen Parc des Princes mulai membangun kursi kelas khusus dekat lapangan.

Pertandingan Pertama

Pertandingan pertama yang digelar di Parc des Princes bukan PSG atau timnas Perancis, melainkan Marseille melawan Bastia di final Coupe de France pada 4 Juni 1972.

Fasilitas

Untuk fasilitas Parc des Princes sendiri saat ini manajemen juga sedang membangun lounge khusus VIP yang nyaman dan mewah dengan sajian yang nikmat. Mereka juga baru menyelesaikan tahap pembangunan museum PSG. Ini adalah hal lumrah. Stadion modern Eropa pasti memiliki museum. Apalagi PSG semakin mengukuhkan diri sebagai raksasa Perancis setelah memenangi gelar keenamnya. Butuh ruang untuk pamer trofi, dong.. Hehe..

Pertandingan UEFA EURO 2016:

Pertandingan-pertandingan UEFA EURO 2016 yang akan digelar di stadion Parc des Princes adalah:

1) Turki melawan Kroasia tanggal 12 Juni 2016 (Grup D)

2) Romania berhadapan dengan Swiss tanggal 15 Juni 2016 (Grup A)

3) Portugal kontra Austria tanggal 18 Juni 2016 (Grup F)

4) Irlandia Utara melawan Jerman tanggal 21 Juni 2016 (Grup C)

Fakta Menarik Lainnya

Kalau di Signal Iduna Park ada The Yellow Wall, di Anfield ada The Kop, di Parc des Princes ada The Tribune Boulogne. Tribun ini khusus untuk pendukung PSG dan dianggap sebagai salah satu tribun tergahar di Perancis karena seringnya terjadi bentrokan antar pendukung. Selain itu penghuni tribun ini juga punya hubungan dengan kelompok politik sayap kanan Perancis. Intinya, hooliganism di Perancis direpresentasikan oleh pendukung PSG yang menempati tribun ini di setiap pertandingan kandang PSG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *