Sebagai satu-satunya pemain asal Jepang yang bermain di Marseille, pemain bertahan asal Jepang, Hiroki Sakkai dinobatkan sebagai duta Tanah Airnya untuk Kota Marseille. Hal itu tidak lepas dari keberhasilannya memikat hati para pendukung Marsaille dengan penampilan ciamiknya di atas lapangan hijau.Di Liga Prancis sendiri, hanya terdapat dua pemain asal Negeri Tirai Bambu, yaitu dirinya dan penjaga gawang Eiji Kawashima yang saat ini membela Metz. Namun, rekan Sakkai tersebut baru bermain satu kali sepanjang musim ini.

“Di Prancis, pemain Jepang hanya kami berdua, jadi saya merasa memimiliki tanggungjawab besar,” jelas pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu kepada AFP.

Sebelum hijrah ke Prancis, Sakkai sebenarnya cukup lama menghabiskan karirnya di Liga Jerman, yaitu selama empat musim bersama Hannover. Namun, ketika timnya terdegrasi ia memilih pindah ke Prancis untuk memperkuat Marseille.

Di musim perdananya di Liga Prancis, Sakkai sebenarnya tidak terlalu yakin akan bermain di banyak pertandingan bersama Marseille yang dinilainya sebagai tim besar. Tapi, kepercayaan dari Manajer tim, Rudi Garcia memberikannya kesempatan bermain di hampir semua pertandingan Marseille musim ini.

“Saya tidak berfikir akan bermain sebanyak ini, saya benar-benar merasa telah mengalami peningkatan,” kata Sakkai yang mengaku kerasan tinggal di Kota pinggir laut Cassic dimana ia menetap bersama istri dan kedua anaknya.

“Saya tidak bicarara Bahasa Prancis dan tidak ada rencana akan bermain sepak bola di Prancis tapi saya sudah melakukan yang terbaik dan semua orang membantu saya,” ucapnya.

Penampilan Sakkai bersama Marseille musim ini memang mendapat banyak pengakuan, ia sudah bermain sebanyak 29 kali bersama Marseille dan membantu timnya menempati peringkat lima klasemen sementara dengan koleksi 47 poin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *