Pemain yang paling panas diperbincangkan saat ini, Kylian Mbappe disebut-sebut sebagai the new Thierry Henry, legenda Arsenal dan Prancis. Namun, apakah dia memang bisa dibandingkan dengan salah satu legenda sepak bola ini?

Ketika Henry ditanya tentang Mbappe yang sering dibanding-bandingkan dengan dia saat masih muda, dia mengatakan: “Menurut saya dia bagus. Saya sangat suka menonton dia bermain,”

Memang Henry terkesan dengan pemain 18 tahun tersebut saat diwawancarai Canal +, tetapi mantan kapten timnas Prancis tersebut tak ingin Mbappe dibanding-bandingkan dengannya. Menurut Henry, Mbappe harus menjadi Mbappe.

Sulit untuk tidak membandingkan kedua pemain beda generasi ini. Sama seperti Henry yang pernah yang membawa Monaco juara, Mbappe juga mengguncang sepakbola di Monaco dengan membantu klub memimpin puncak klasemen Ligue 1. Sekarang, pemain 18 tahun ini dipuji sebagai prospek terpanas Prancis.

Sebarapa besar kemiripan mereka? Dan bagaimana perbandingan Mbappe dengan salah satu pemain yang sebelumnya juga disebut-sebut sebagai “New Thierry Henry”, Anthony Martial yang pindah dari Monaco ke Manchester United? Mari kita lihat komparasinya.

Kylian Mbappe

Trofi: UEFA European U-19 Championship (Piala Eropa U-19)

Pada usia 18 tahun Mbappe sudah memberikan gol yang luar biasa per pertandingan, dia mencetak 20 gol dalam 47 penampilan di tim senior (dari semua kompetisi). Rata-ratanya dia mencetak 0,43 gol per pertandingan dan 13 gol dari Ligue 1.

Menariknya, mayoritas gol Mbappe tercipta saat Monaco mendominasi pertandingan. Mbappe bisa dibilang hanya memberikan enam poin untuk timnya. Dia hanya dua kali mencetak gol penentu di Ligue 1 (menang 2-1 melawan Montpellier dan Bordeaux). Selebihnya Mbappe mencetak gol di laya yang dimenangi Monaco dengan skor telak.

Anthony Martial

18 tahun  saat musim 2013/2014, tampil 19 kali dan mencetak dua gol

Trofi: tidak ada (di usia 18 tahun)

Martial merayakan ulang tahun ke-18 pada pertengahan musim 2013-2014 saat ia memperkuat Monaco, dan hanya tampil beberapa pertandingan di musim tersebut. Dia juga hanya mencetak dua gol pada saat usianya 18 tahun, itu berarti rasionya golnya sangat kecil 0,11 dan jauh dari rekor Mbappe.

Dua gol Martial pada saat itu ketika mereka menang 2-0 di kandang melawan Rennes dan tandang melawan Guinggamp – Martial mencetak gol pertama pada pertandingan melawan Guingamp.

Martial merupakan salah satu pemain yang juga dibandingkan dengan Henry, tetapi awal kariernya tidak sebagus Mbappe dan sekarang  striker 21 tahun ini kesulitan di Manchester United.

Thierry Henry

18 tahun pada musim 1996/1997, tampil 78 kali dan mencetak 16 gol

Trofi: Ligue 1 (bersama Monaco 1996/1997), Trophee des Champions

Ulang tahun ke-18 Henry benar-benar start yang sangat bagus pada musim 1996/1997 dan menjadi tahun paling sukses baginya di Monaco.

Henry mencetak 10 gol di semua kompetisi dmusim 1996-1997 dan total mencetak 16 gol dalam 78 pertandingan sejak menembus tim pertama Monaco pada musim 1994-1996. Rata-rata gol bintang Arsenal dan Barcelona ini 0,21 pada saat itu. Memang tidak buruk, tetapi rata-rata gol Mbappe hampir dua kali lipatnya.

Tetapi Henry bisa membanggakan satu hal yang kedua penerusnya ini tidak bisa berikan, dua trofi – Ligue 1 dan Trophee des Champions dan pada saat itu dari golnya Henry memberikan tujuh poin pada Monaco. Monaco menjuarai Ligue 1 pada saat ini dengan keunggulan 12 poin, Henry berkontribusi besar membuat musim tersebut lebih mudah bagi timnya.

Tetapi, Mbappe bisa mencetak gol lebih banyak dari pertandingan yang lebih sedikit, walau secara medali dia kalah, tampaknya tak terlalu jauh bila dia dibandingkan dengan Henry pada usia 18 tahun apalagi jika Monaco bisa juara pada musim ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *