Paris Saint-Germain atau PSG, mungkin nama klub ini belum begitu terkenal di era tahun 2008 hingga 2010, karena memang kala itu Paris Saing-Germain masih digawangi pemain-pemain yang ‘standart’ beda halnya dengan tahun 2011 keatas, klub ini seolah menjelma secara tiba-tiba menjadi klub yang juga ditakuti oleh klub-klub eropa lainnya sejak digawangi oleh banyak pemain bintang kelas dunia termasuk didalam nya Zlatan Ibrahomovic, David Beckham, Thiago Silva, dan masih banyak lagi, termasuk sang pelatih Carlo Ancelotti. PSG sendiri merupakan sebuah klub asal Prancis yang tengah asik bertengger di posisi pertama Liga Prancis.Paris Saint-Germain Football Club atau disingkat PSG FC adalah klub asal Paris, Prancis yang didirikan pada tanggal 12 Agustus 1970, Klub yang bermarkas di Ibukota Prancis ini memiliki sebuah stadion kebanggaan yang bernama “Parc Des Princes” Stadion. PSG kerap disetarakan dengan klub besar Eropa lainnya, klub yang juga bertabur bintang ini sukses lolos hingga ke babak perempat final liga champions musim ini, sayang Barcelona adalah ‘penghenti’ langkah Ibrahimovic CS ini. Baiklah, berikut Profil Lengkap Paris Saint-Germain dan sejarah singkatnya.

Nama Lengkap Klub     : Paris Saint-Germain Football Club
Julukan Klub                 : – PSG, Paris SG,
– Biru dan merah (Les Rouge-et-Bleu),
– Para Paris (Les Parisiens)
Tanggal berdiri              : 12 Agustus 1970
Tempat Berdiri              : Paris, Prancis
Stadion                         : Parc De Princes
Kapasitas Stadion        : 48,712 penonton
Nama Pemilik Klub       : Otoritas Investasi Qatar
Nama Presiden Klub    : Nasser Al-Khelaifi
Manajer/pelatih Klub     : Carlo Ancelotti
Bermain di                     : Liga Prancis atau Ligue 1
Situs Web Resmi klub  : www.psg.pr

Paris Saint-Germain, dinamakan demikian sesuai dengan nama kota kelahiran klub ini yaitu ‘Paris’, lambang klub ini pun menggunakan lambang kota paris yaitu Menara Eiffel yang bediri tegak. PSG bermarkas di Stadion Parc De Princes yang memiliki kapasitas sebesar 48.712. Klub ini tergolong masih ‘belia’, mereka baru didirikan pada tahun 1970, namun sudah mampu meraih gelar League One Prancis di tahun 1986, dan 2 kali piala super prancis di tahun 1982 dan 1983.

Namun tahun tersebut bukanlah awal dari masa jaya Paris Saint-Germain ini, mereka baru memulai masa kejayaan di tahun 1994 keatas, mulai dari gelar juara liga prancis di tahun 1994, kemudian 2 gelar menyusul di tahun berikutnya yaitu gelar juara piala prancis dan piala liga. Sukses dengan piala winner di tahun 1996, Dan di tahun 2001 mereka berhasil meraih gelar piala Intertoto, dan akhirnya tahun 2008 sukses meraih gelar liga prancis untuk ke 8 kali nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *